Akhirnya Gue Punya Akte Kelahiran

sebelum tulisan ini dibanjiri pertanyaan - pertanyaan lainnya, ijin kan gue menerka - menerka pertanyaan apa saja yang bakal kamu lontarkan, setelah membaca judul tread ini. paling gak jauh beda dengan :

1. Astagfirulah ini manusia, kemarin ngapain aja kog baru punya akte kelahiran ?
2. Loe bukan anak kandung emak loe ?
3. Loe belum diakui sebagai warga negara ? Loe orang asing ? Apa loe anak temuan ? 
4. Terus dulu - dulu kog bisa sekolah gimana ceritanya ?
5. Emang bisa umur 21 tahun baru buat akte ? Nyogok ya pasti ?

ya kan, pertanyaan loe semua gak jauh dari di atas kan ? ngaku !!
okeh, gue coba jawab tabu yang menyiksaku ini :(

kemarin gue lupa, emak gue juga lupa belum buatin aku akte ( lupa 21 tahun ? keluargamu gila bukan lupa !! ), astagfirulah. gue anak kandung, yakin , sweer, *katanya emak gue sih*, sejauh ini ketika gue tanya ke emak gue katanya gue anak dari hasil cinta 1 malam emak dan bapak gue, dulunya daftar sekolah pake surat kelahiran, dan sekarang gue gak bisa selamat lagi, daftar kuliah harus pake akte kelahiran, gak ada toleransi sama sekali. Bisa lah gue, apa yang gak bisa gue lakuin *move on dari mantan* Astaga, enggak sama sekali, gue ngak nyogok, murni sesuai hukum yang berlaku.

jadi begini ceritanya ....

Alkisah *halahh* awal mula kenapa gue bisa dipaksa buat buat akte kelahiran bermula dari persyaratan masuk perguruan tinggi harus menyertakan legalisir akte kelahiran. Astaga seketika niat buat kuliah rontok seketika, duh gimana ini ?, pernah nyoba bertanya ke mbak - mbak yang jaga bagian registrasinya kalau pake surat kelahiran boleh gak ? dengan tegas nya dia bilang "ENGGAK", okeh, okeh. ini tandanya mau gak mau gue harus buat.

tanya ke tetangga, ke teman katanya di usia 21 tahun kalau mau buat akte kelahiran sudah gak bisa, kalaupun bisa itu harus nunggu pemutihan dulu, kalau dahulu bisa buat akte terlambat tapi harus lewati sidang - sidang dulu dipengadilan. Mendengar penjelasan yang agak meyakinkan itu, seketika hopeless.

Karna gue orangnya gak mudah percaya, apa salahnya nyoba dulu, kalau emang gak bisa, yaudah mau gimana lagi. jalan nya udah begitu, Gue gak bisa kuliah dan gak bisa nikah !! bangkeeee !!

langsung deh pagi harinya gue tanya ke kelurahan, "mbak mbak jodoh saya dimana ya syarat buat akte kelahiran apa aja ya ?"
itu mas : 

1. Surat pengantar rt
2. Fc legalisir buku nikah orang tua
3. Fc legalisir ktp bapak ibu dan punyamu
4. Fc legalisir kartu keluarga
5. Fc ijazah

udah itu aja mbak ? iyah, pakai sidang segala gak mbak ? enggak kog. 
Alhamdulillah, rasanya kaya habis diguyur hujan di gurun pasir.

hambatan pertama mencari buku nikah ortu gue, FYI dulu ketika gempa jogja, rumah gue hancur lebur, berkas - berkas rumah gak keurus sama sekali, sekeluarga ngungsi, rumah keujanan, begitu juga mungkin dengan berkas - berkas keluarga gue.

bongkar - bongkar lemari, cari disetiap sudut kamar, siapa tau ada mukjizat, yang gue takutkan, ortu gue nikahnya tahun 1965 an, nah otomatis itu buku udah kaya prasasti, belum lagi kalau dahulu kena hujan, kan pasti rapuh kertasnya.

setelah mencari - cari cinta yang pasti akhirnya ketemu juga, di dalam kardus yang debunya banyak banget, sumpah feel nya kaya nemu harta karun, and you know ? kertasnya pada berlubang, dan tulisannya gak keliahatan. Gaswat. Masalah lagi..

ku coba tanyakan ke KUA tempat dahulu ortu nikah katanya bisa dibuat surat nikah yg baru, tapi hasilnya gak kaya semula, cuma duplikat, karna tulisan itu gak kelihatan, informasinya juga hanya percaya dari emak gue, dan permasalahan muncul lagi, emak gue lupa dulu walinya siapa. Astagfirullah !! apa lagi ini, !! pakei clue di huruf yg masih terbaca, akhirnya emak gue inget. Alhamdulillah.

okeh setelah, semua persyaratan terkantongi, jadi satu di map, langsung cuss ke kantor pencatatan sipil sana. Nunggu antrian, mengisi blangko, nah di blangko yang harus di isi itu ada tulisan saksi lahir, Gue tadinya mau menggunakan temen gue sebagai saksinya, sebelum dia tanda tangan, gue mikir - mikir lagi, aku umurnya 21, temen gue baru 19 tahun, masak anak nya lahir duluan baru saksinya lahir. jadi saksi dikandungan ?? *goblokk, sumpah ini tolol banget*, karna disitu ada bapak - bapak yang jualan rokok, ada deh ide buat menafkai bapaknya 1 hari, hahahha

berkas sudah dikumpulkan, tanda tangan saksi sudah dapat, berkas dimasukkan, menunggu hasil verifikasi. 1 jam an lah kira - kira baru nama saya dipanggil.

"mohon maaf berkas ini belum bisa kita proses karena, saudara masih menggunakan kartu keluarga yang lama, jadi nomor kartu keluarga saudara belum tercatat di catatan sipil, jadi saudara harus memperbarui kartu keluarga ini dahulu" kata bapak verifikatornya

jlepp, rasanya kaya kena belati, sumpah ini nyesek baget, gue udah berusaha bertanya : " loh, kartu keluarga ada batas waktunya pak ? kog bisa belum kecatat ? kalau nanti buat baru, nomor nya baru lagi donk pak ? bukannya nomor kartu keluarga itu seluruh indonesia gak mungkin sama ? kalau kartu keluarga ini sudah gak kepake, kenapa tadi di kecamatan bisa digunakan, kenapa masih di legalisir ? terus kalau buat kartu keluarga baru kira - kira berapa lama ?"

dan jawabanya malah makin bikin nyesek , sekiranya begini : "ya gak ada batasnya mas, tapi harus diperbarui, untuk di update, ya gak tahu mas, tergantung kecamatannya, mungkin bisa ganti nomor,  gak tahu itu kecamatan nya, gak lihat mungkin, soalnya pernah kejadian ada yang ganti nomor, kira kira 1 minggu sampai 2 minggu"

anjirr, rasanya pengen gue sebar tumpukan kertas yang ada di meja itu, rasanya pengen gue balik meja yang sudah tertata rapi itu, rasanya pengen gue kata - katain bapak itu. Tapi syukurnya gue bisa kontrol semua itu. Gue cuma bisa salami bapak itu sambil mengucap terima kasih pak, dengan senyum kecut.

itu tandanya apa ?? yap. gue harus mulai dari awal lagi, dan harus nunggu 1 mingguan lagi untuk bisa buat akte nya. Mau gimana juga gue harus berlapang dada, ya inilah kondisi birokrasi negeri ini. 

setelah nunggu 1 minggu, kartu keluarga sudah jadi, tanpa komando, langsung cuss kecatatan sipil lagi, nunggu lagi, dan alhamdulillah berjalan lancar, akte baru jadi 1 minggu lagi.

dan.

dan.

dan.

selembar kertas sakti ini sudah berada di tangan .



fyuhh, akhirnya dapat juga ini akte, setelah perjuangan yang lumayan ribet, dan menguras emosi.