Kerajaan Bawah Tanah

yuhuu weekend, saatnya keluar kandang :)) , katanya seorang traveler sejati itu harus menyempatkan waktunya untuk bersatu dengan alam, entah lama atau bentar, yang penting ada waktu tersendiri dengan alam

hari sabtu pagi, kebetulan bisa bangun pagi banget, ku sempatkan untuk jogging, sekedar lari - lari cantik 10 km sampai ada keringat yang keluar, * lari cantik ndasmu !! *, tapi beneran jogging ya, 

* proses joggingnya gak perlu di tuliskan kan ? | enggak lah, males binggo | bagus deh, makasih * karna kelelahan jogging itu, waktunya istirahat, waktu perjalanan pulang kebetulan melintasi jalan sambisari, *mikir* sempatin mampir ah, gak ada salahnya juga.

jadi sambisari itu apa ? sambisari adalah candi Hindu (siwa) yang berada kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yoyakarta ke arah kota Solo atau kira-kira 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani di Desa Sambisari dan dipugar pada tahun 1986 oleh Dinas Purbakala. Nama desa ini kemudian diabadikan menjadi nama candi tersebut.
Posisi Candi Sambisari terletak 6,5 meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan besar karena tertimbun lahar dari Gunung Merapi yang meletus secara besar-besaran pada awal abad ke-11 (kemungkinan tahun 1006). Hal ini terlihat dari banyaknya batu material volkani di sekitar candi.
(katanya om wikipedia sih gitu)

kalau bisa aku singkat sih candi sambisari adalah candi bawah tanah. ( ya elah ngomong dari tadi, ngapain harus baca panjang lebar)

( tuh sepatuku tanda bukti kalau aku bener -bener habis jogging :p )


pintu masuk candi sambisari, bagi pengunjung blog ini (emang ada?) yang belum tahu letaknya dimana, mari saya kasih tahu, jadi jalan menuju candi ini lewat depan bandara adisucipto, utara jalan, lurus terus pasar masih lurus, selokan mataram masih lurus terus, pokokmen lurus gak ada belok - belok nya, ntar juga nemu sendiri.

( tiket masuknya, murah banget kan ?jadi untuk kamu - kamu yang lagi bokek tapi pengan pacaran, bisa nih tempat dijadikan alternatif, liburan murah tapi gak murahan)

( subhanallah mbaknya, rela mbolos kuliah demi bisa liburan ke candi sambisari, kimcil syariah nih, wkwkwk)